Sabtu, 29 September 2012

World Wide Web ( WWW )

World Wide Web adalah salah satu program yang ditemukan oleh tim berners-lee pada tahun 1991. Awalnya berners-lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama enquire. Dengan program itu berners-lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuag perkembangan pesat yang dikenal sebagai www.
WWW dikembangkan pertama kali dipusat penelitian fisika partikel eropa ( CERN ), jenewa, swiss. Pada tahun 1989 berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan oktober 1990 waring wera wanua sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN . Pada musim panas 1991, www secara resmi digunakan secara luas pada jaringan internet.

WWW adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlinkuntuk merujuk dan mengambil halaman- halaman web dari server. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text dan program perangkat lunak yang menyusunnyamenjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat world wide web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML ( skrip halaman web ).
WWW merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berpengaruh menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama. Berbagai informasi dapat anda temukan pada www seperti informasi politik, ekonomi, sosial, budaya, sastra, sejarah, teknologi, pendidikan, dan sebagainya.
Kita dapat mengumpamakan www ini merupakan perpustakaan besar yang menyediakan berbagai informasi yang di butuhkan.
Dewasa ini, WWW atau yang sering disebut sebagai "Web" saja adalah merupakan aplikasi internet yang paling populer. Demikian populernya hingga banyak orang yang keliru mengidentifikasikan web dengan internet.
WWW adalh aplikasi yang paling menarik di internet dan sangat banyak di gunakan di internet, untuk menyampaikan informasi karena sifatnya mendukung multimedia artinya informasi tidak hanya di sampaikan melalui teks tapi juga gambar, video, dan suara.

Beberapa aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk membuka www atau istilahnya adalah browser ( menjelajah ) antara lain adalah opera, internet, explorer, mozila firefox, dan netscape navigator. File yang dikrim dalam layanan web ini berekstensi  *.htm atau *.html. HTML merupakan singkatan dari hypertext markup language, yaitu satu bahasa yang digunakan untuk mendefinisikan susunan informasi dalam file hypertext. Hypertext sendiri adalah suatu struktur penyampaian informasi dimana satu atau beberapa kata pada suatu file dapat di-link untuk mengeluarkan file baru yang biasanya berisi informasi detail tetang kata tersebut.

Berikut adalah system kerja dari akses www:
1. Browser pada mesin client mengambil URL yang di minta pengguna, misalnya pengguna mengetikan pada address browser dengan alamat http://www.yahoo.com
2. Browser menanyakan nomor IP ( internet protocol ) mesin www.yahoo.com pada ( DNS ) domain name service
3. DNS server menjawab misalnya 192.168.0.1
4. Browser melakukan koneksi TCP ( Transmission Control Protocol ) pada port ( virtual port ) 80 mesin 192.168.0.1
5. Browser kemudian mengirimkan perintah GET/ hypertext/ www/ index.html
6. Server www.yahoo.com mengirimkan file index.html
7. Browser menampilkan semua text dan image yang ada pada halaman.

Beberapa alamat browser/ search engine di internet
- Yahoo : http://www.yahoo.com/
- Altavista: http://www.altavista.digital.com/
- lycos: http://lycos.com/


Tugas minggu pertama


sumber:
http://faculty.petra.ac.id/dwikris/docs/desgrafisweb/www/3-fasilitas_internet.html
http://calltech.wordpress.com/2008/07/12/apa-internet-itu-pengertian-internet/
http://bungurnews.blogspot.com/2011/01/jenis-layanan-internet.html  (Amarul Book's )
http://www.tkjclub.net/tkj/index.php?option=com_content&view=article&id=91:apa-fungsi-www-atau-world-wide-web&catid=40:artikel
http://adibowo.com/tag/fungsi-www/
http://id.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web
http://nurasiah-88.blogspot.com/2009/06/jenis-jenis-layanan-yang-diberikan-oleh.html
http://e-ducation-center.blogspot.com/2009/06/fungsi-dan-layanan-informasi-di.html
http://www.khairulumam.com/2012/04/apa-yang-dimaksud-dengan-www.html  ( khairul umam )
http://id.shvoong.com/how-to/computers-and-internet/2175124-layanan-internet/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar