Minggu, 30 September 2012

Search Engine

Search engine disebut juga dengan mesin pencari dokumen dalam dunia internet, dimana sistem yang ada pada sistem tersebut diolah melalui satu atau sekelompok komputer yang berfungsi untuk melakukan pencarian data. Jadi dapat disimpulkan search engine adalah mesin pelacak atau penelusur. Search engine juga sebuah software program yang akan mencari beberapa dokumen tertentu ketika kata kunci tertentu di masukan.

Search engine adalah suatu portal website yang menyediakan informasi pencarian data- data yang dibutuhkan pengunjung internet ntuk mendapatkan informasi- informasi yang di butuhkan. Pengunjung internet masuk kesitus tersebut dan melakukan pencarian. Konten yang ditampilkan adalah konten yang memang sudah terindex dan tersimpan di database server search engine-nya itu sendiri. Biasanya search engine melengkapi fasilitasnya dengan berbagai macam fitur pencarian diantaranya; search web, search image, search video, dll.

Bisa dibilang google adalah pelopor dari adanya search engine ini. Waktu pertama google keluar mungkin orang- orang masih bertanya buat apa google digunakan. Toh mereka masih bisa mencari informasi dari internet tanpa menggunakan search engine karena mereka tahu alamat- alamat dari situs internet yang menyediakan informasi yang mereka butuhkan. Hal itu disebabkan karena jumlah situs internet tidaklah sebanyak saat ini. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu situs internet semakin banyak dan orang- orang sudah mulai terbiasa  menggunakan search engine ini. Karena itu search engine ini bersifat menguntungkan dan merugikan. Menguntungkan karena membuat orang mempermudah mencari- cari informasi yang dia butuhkan dan merugikan karena search engine ini akan menampilkan semua informasi yang ada di jaringan internet sehingga tidak bisa menjaga kerahasiaan dari suatu file. Tentu saja file- file yang tidak di lindungi dengan pengaman yang cukup.

Cara penggunaan search engine adalah dengan mengetikan kata kunci ( keyword ) yang hendak dicari dan setelah itu akan ditampilkan sejumlah line yang akan mengarahkan kita kepada situs atau informasi yang ada relevansinya dengan keyword yang kita masukan. Ada juga mesin pencari yang menggunakan sistem real time, bukan indeks. Mesin ini hanya menambahkan informasi yang dikumpulkan jika ada pencarian baru saja. Contoh mesin pencari ini adalah orase.

Komponen- komponen search engine
1. Mature website
2. Link url dalam content
3. Meta description dan meta keyword
4. Memiliki page rangking

Saat ini banyak sekali contoh- contoh search engine. Diantaranya google, bing, yahoo, ask, baidel, lycos, altheweb, altavista dan msih bnyak lagi. Namun saat ini yang paling besar dari semua mesin pencari tersebut adalah google. Google adalah sebuah mesin pencari fenomenal, dia walupun baru mengalahkan senior- seniornya dalam hal mesin pencarian.



Tugas minggu pertama



sumber:
http://www.anneahira.com/macam-macam-search-engine.htm
http://portal.paseban.com/review/3806/pengertian-search-engine
http://mesin-penelusur.blogspot.com/2010/01/pengertian-searh-engine.html
http://tirta-ilmu.blogspot.com/2012/03/pengertian-search-engine.html
http://arisnb.nulis.web.id/search-engine.html  (Arisnb )
http://seopemula-id.blogspot.com/2009/09/beberapa-contoh-search-engine.html
http://prey4.wordpress.com/2008/05/25/fungsi-dan-macam-macam-search-engine/
http://nurainiajeeng.wordpress.com/2011/11/01/search-engine/  ( nurainiajeeng's blog )
http://semangatku.com/979/teknologi/pengertian-search-engine/
http://www.prowebpro.com/articles/komponen_komponen_search_engine.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar