Jumat, 28 September 2012

Sejarah Internet

Sejarah internet merupakan sebuah cerita yang kini membawa dampak besar bagi kehidupan manusia. dari kehidupan sosial, bisnis, berbelanja menikmati produk budaya, mengunduh file, raanya kini tidak ada yang tidak dapat di lakukan dengan internet. Sejarah internet bisa di bilang ikut mengubah cara hidup manusia, membuat segalanya terasa lebih mudah, dan tak berjarak. pakar komunikasi EM Griffin berkata "nothing remains untouched by communication technology." 

Ditengah mudah dan cepatnya hidup bersama internet,pernahkah anda sedikit nostalgia dan penasaran, kapan semua ini berawal? dari mana datangnya internet? menelusuri sejarah internet menjadi sebuah cerita yang cukup menarik, mengingat dahsyatnya dampak yang dibawa internet bagi kehidupan manusia sekarang ini.

Sejarah Internet dimulai pada tahun 60-an, yaitu ketika Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas. Selanjutnya, beberapa program penelitian mulai dilakukan untuk melihat mekanisme pengaitan jaringan-jaringan yang berbeda secara fisik. Salah satu solusi yang muncul dari penelitian-penelitian tersebut adalah teknik packet switching. Pada teknik packet switching, data atau file berukuran besar yang akan dikirim melalui jaringan komputer terlebih dahulu dipotong menjadi paket kecil-kecil agar lebih mudah ditangani dan lebih Andal. Peneliti utama dalam pengembangan packet switching ini adalah Donald Davies (NPL), Paul Baran (RAND Corporation), Leonard Kleinrock dan kawan-kawan (MIT) dan UCLA Research Programs.

Sebuah rekaman tulisan yang menerangkan bahwa interaksi sosial  dapat di lakukan juga melalui sebuah jaringan komputer terdapat pada seri memo yang ditulis oleh J.C.R. Licklider dari MIT (Massachuset institut of technology) pada bulan agustus tahun 1962. Dalam memo tersebut di uraikan konsep "Galactic Network"nya. Dia memiliki visi sebuah jaringan komputer global yang saling berhubungan dimana setiap orang dapat akses data dan program secara cepat dari tempat manapun. Semngat konsep tersebut sangat sesuai seperti internet yang ada sekarang.
Licklider adalah pimpinan pertama riset program komputer dari projek DARPA yang di mulai bulan oktober 1962. Selama di DARPA di abekerjasama dengan ivan sutherland, Bob Taylor, dan seorang peneliti MIT, Lawrence G. Roberts.

Leonard kleinrock di MIT mempublikasikan tulisannya berjudul "The first paper on packet switching theory" dalam bulan juli 1961 dan " The first book on the subject" di tahun 1964. Kleinrock sepaham dengan Roberts dalam teori kelayakan komunikasi mempergunakan sistem paket data dari pada hanya mempergunakan sebuah rangkaian elektronik. Teori ini merupakan cikal bakal adanya jaringan komputer. langkah penting lainnya adalah membuat komputer dapat berkomunikasi secara bersama-sama.

Pada tahun 1966 Roberts pergi ke DARPA untuk mengembangkan  konsep jaringan komputer dan dengan cepat merumuskan rencananya untuk ARPANET , yang di publikasikan pada tahun 1967. Pada saat konfrensi dimana dia harus mempresentasikan makalahnya tentang konsep paket dalam jaringan komputer, dalam konferensi tersebut juga ada sebuah makalah yang berhubungan dengan kosep paket pada jaringan komputer dari inggris yang ditulis oleh Donald Davies dan Roger scantlebury dari NPL. Scantlebury mengatakan pada roberts tentang riset yang di lakukan NPL sebaik seperti yang di lakukan oleh Paul Baran dan lainnya di RAND.
RAND group telah menulis sebuah makalah yang berjudul "paper on packet switching networks for secure voice" di lingkungan militer pada tahun 1964. Penelitian- penelitian tersebut di lakukan bersama oleh kelompok peneliti MIT, NPL dan RAND. Sedangkan para penelitinya tidak mengetahui apa yang di lakukan oleh kelompok peneliti lainnya. Kelompok peneliti MIT bekerja dalam kurun waktu 1961-1967, kelompok RAND bekerja dalam kurun waktu 1962-1965, dan kelompok NPL bekerja antara tahun 1964-1967. Kata paket telah di adopsi dari hasil kerja kelompok NPL dan di usulkan dipergunakan dalam saluran komunikasi data ARPANET, sehingga komunikasi data di dalam projek ini di ubah dari 2.4kbps menjadi 50 kbps.

Dalam bulan agustus tahun 1968, setelah Roberts dan penyandang dana projek DARPA merivisi semua struktur dan spesifikasi ARPANET, sebuah RFQ di rilis DARPA untuk pengembangan salah satu komponen kunci paket pensaklaran yang di sebut Interface Message Processors (IMP's). RFQ telah di menangkan dalam bulan desember 1968 oleh sebuah group yang di pimpin oleh Frank Heart dari Bolt Beranek and Newman (BBN). Sebagai tim dari BBN yang mengerjakan  IMP's Bob Khan memerankan peran utama dalam desain arsitektur ARPANET. Topologi dan ekonomi jaringan di desain dan di optimasi oleh Roberts bersama Howard Frank dan timnya dari Network Analysis corporation. Pengukuran sistem jaringan di lakukan oleh tim pimpinan Kleinrock di UCLA. Karena awal di lakukannya pengembangan teori paket pensaklaran oleh kleinrock dan juga adanya perhatiannya yang serius pada analysis, design dan pengukuran, maka Network Measurement Center yang dibangun Kleinrock di UCLA telah terpilih sebagai node pertama projek ARPANET. Ini terjadi dalam bulan september tahun 1969 ketika BBN memasang IMP pertama di UCLA dan host komputer pertama telah tersambung. Sehingga pada akhir tahun 1969 empat komputer host telah tergabung bersama dalam inisial ARPANET, maka cikal bakal internet telah lahir.

Pada tahun 1969 Robert taylor yang baru di promosikan sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA ( Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat ) bermaksud mengomplementasikan ide untuk membuat sistem jaringan yang saling terhubung. Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang kemudian dikenal dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network ), yaitu dengan mendemonstrasikan perpaduan antara Hardware dan Software dengan komputer berbasis UNIX, komunikasi jarak jauh dapat di lakukan tanpa ada batasan yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Tujuan awal di bangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat ( US Departement of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah di hancurkan. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).

ARPANET kemudian merancang sebuah jaringan dengan kehandalan teknologi informasi yang dapat memindahkan data dalam jumlah besar dan dalam waktu yang singkat, dan di tetapkan sebagai sebuah standar pembangunan protokol baru yang saat ini dikenal TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol ) dan disinilah awal dari segala sejarah internet yang di kenal luas sampai saat ini.

Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara University of California, Los angeles (UCLA) dan stanford Reaserch institute (SRI) pada jam 22.30 tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua jaringan lagi yang bergabung, yakni University of Utah dan University of California, Santa Barbar sehingga total terdapat empat simpul jaringan. Dan secara umum ARPANET di perkenalkan pada bulan oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET di pecah menjadi dua yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non militer seperti universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya di kenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian di sederhanakan menjadi Internet.

Selain jaringan untuk penelitian seperti ARPANET dan X.25, para hobiis komputer juga mengembangkan teknik jaringan sendiri yang kemudiam cukup populer, yaitu UUCP. Masalah terbesar pada teknik ini adalah bagaimana supaya berbagai jenis peralatan jarungan, seperti telepo, radio kabel LAN yang secara fisik sangat berbeda dapat berkomunikasi satu sama lain. Keberagaman media fisik jaringan mendorong pengembangan tata cara komunikasi ( protokol komunikasi) yang mampu melakukan internet working, sehingga banyak jaringan kecil dapat saling tersambung menjadi satu menjadi jaringan komputer yang sangat besar.

Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol internet memungkinkan jaringan komputer dibangun menggunakan saluran fisik yang berbeda.
Dalam bahasa yang sederhana, komputer yang terhubung menggunakan telepon, dapat berkomunikasi dengan komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini mendorong terjadinya inter-network (antar jaringan) secara global yang kemudian kita kenal sebagai internet.

Dalam bulan oktober tahun 1972, kahn telah mengorganisasikan sebuah demonstrasi besar dan sukses ARPANET di internasional Computer Communication Conference ( ICCC). ini merupakan untuk pertama kalinya di perkenalkan ke masyarakat. Dalam demo ini juga di perkenalkan inisial "hot" aplication, electronic mail (email). Dalam bulan maret, Ray Tomlison dari BBN membuat program penulisan pesan email, pengiriman dan pembaca pesan email pertama. Hal ini di lakukan atas dorongan kebutuhan ARPANET akan sebuah mekanisme koordinasi yang mudah. 

Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai di kembangkan keluar Amerika Serikat, komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada diluar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

komersialisasi dan privatisasi internet mulai terjadi pada tahun 1980-an di Amerika serikat dengan di ijinkannya Internet Service Provider (ISP) untuk beroperasi.
Internet mulai booming pada tahun 1990-an dan menjadi kunci pemicu perubahan dalam budaya dan dunia usaha. Internet menawarkan pola komunikasi cepat menggunakan email, diskusi bebas di forum dan web.

Sampai awal tahun 1990-an, Internet banyak dipakai oleh para akademisi, pemerintah dan para peneliti industri. Sebuah aplikasi baru, WWW (World Wide Web) mengubah wajah Internet dan membantu jutaan pengguna baru, nonakademisi ke jaringan. Aplikasi ini, ditemukan oleh fisikawan CERN Tim Berners-Lee, tanpa mengubah fasilitas-fasilitas yang telah ada namun membuatnya menjadi lebih mudah digunakan. Bersama-sama dengan Mosaic viewer, yang dibuat oleh NCSA (National Center for Supercomputer Applications), WWW memungkinkan sebuah situs (site) untuk menyusun sejumlah halaman informasi yang berisi teks, gambar, suara dan bahkan video, dengan meletakkan link ke halaman-halaman lainnya. Dengan meng-klik sebuah link, pengguna akan segera dibawa ke halaman yang ditunjukkan oleh link tersebut.
Dalam setahun setelah Mosaic diluncurkan, jumlah server WWW berkembang dari 100 menjadi 7000. Pertumbuhan yang cepat ini terus berlangsung dengan pesat sampai sekarang.


Tugas minggu pertama


sumber:  http://riyn.multiply.com/journal/item/78/SEJARAH-INTERNET 
               DUNIA?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem
               http://www.anneahira.com/sejarah-internet.htm
               http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet
               http://tskau0.tripod.com/sejarah_singkat_internet.htm
               http://www.terindikasi.com/2012/04/sejarah-perkembangan-internet-dunia.html
               http://karodalnet.blogspot.com/2009/07/sejarah-internet.html
               http://www.sejarah-internet.com/
               http://id.shvoong.com/humanities/history/1947161-sejarah-internet-di-dunia/
               http://yudhim.blogspot.com/2008/02/sejarah-internet.html  (Yudhi'm Blog )
               http://kumpulan-artikel-menarik.blogspot.com/2009/02/sejarah-internet-dunia-bagus.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar