Surat elektronik, sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu internet belum terbentuk yang ada hanyalah kumpulan mainframe yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di di berbagai negara menurun penghasilannya, disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.
Email singkatan dari elektronik mail yang artinya surat elektronik. Email dikirim bukan melalui kantor pos atau jasa pengiriman tetapi melalui jaringan internet dan semuanya selalu berhubungan langsung dengan internet.
Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar bahkan animasi dan dapat menyertakan file sebagai lampiran ( attachment ) yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet. Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa keuntungan. Antara lain dengan menggunakan email yang kita kirim ke alamat email lain akan secara lansung diterima. Selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah bahkan bisa dibilang gratis.
Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain. Saat ini ISP menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah gmail.com, yahoo.com, plasa .com, dll. Sebagai contoh kita membuat email melalui yahoo.com.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Kita buka program mozila
2. Kita buka default yahoo.com
3. Untuk membuat email baru secara gratis kita klik sign up
4. Setelah muncul fomulir pendaftaran email, kotak isi fomulir tersebut secara lengkap.
5. Jangan lupa kita harus menuliskan yahoo id dan password untuk pengamanan email kita
6. Setelah itu kita harus menuliskan verifikasi email
7. Beri tanda centang pernyataan " i agree "
8. Klik submit
9. Tunggu beberapa saat kita akan mendapat pesan selamat datang dari yahoo.com
Dalam mengirim email kita dapat melampirkan file file yang kita butuhkan dengan cara:
1. Buka email kita
2. Klik compose atau tulis
3. Sebelumnya kita tulis subject dan untuk siapa email itu akan dikirim, dalam tampilan compose terdapat "CC" yang berarti alamat tambahan
4. Klik attachment file bila kita ingin melampirkan file.
5. Setelah muncul tampilan attachment file kita pilih file mana yang akan kita lampirkan.
6. Klik attach file
7. Klik continue message
8. Klik send
Layanan email biasanya dikelompokan dalam dua basis yaitu email berbasis client dan email berbasis web. Bagi pengguna email berbasis client, aktifitas emailnya dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak email client, misalnya eudata atau outlook express.
Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline ( tidak tersambung ke internet ), dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat di hemat. Koneksi hanya diperlukan untuk melakukan pengiriman ( send ) atau menerima ( recieve ) email dari mailbox.
Sebaliknya bagi pengguna email berbasis web, seluruh kegiatan email harus dilakukan melalui suatu situs web. Dengan demikian untuk menggunakannya haruslah dalam keadaan online. Alamat email dari ISP ( internet service provider) umumnya berbasis client, sedangkan email berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis sperti hotmail ( www.hotmail.com ) atau yahoomail ( mail.yahoo.com )
Ada perbedaan yang mencolok antara email dengan surat biasa, untuk lebih jelasnya perbedaan tersebut adalah:
-Email
1. Biaya hanya untuk koneksi internet
1. Biaya hanya untuk koneksi internet
2. Surat dalam bentuk file bisa berisi tulisan, gambar, foto dan video. Bila menginginkan dalam bentuk fisik perlu diprint / dicetak lebih dahulu
3. Waktu pengiriman sangat cepat, sekali klik kirim, maka sudah bisa dibaca oleh si menerima.
-Surat biasa
1. Pengirim harus membayar per pengiriman surat dengan cara membeli perangko
2. Sudah dalam bentuk fisik berupa surat
3. Pengiriman paling cepat sehari dan bisa lebih
Fungsi email:
Semua yang ada hubungannya dengan internet ( neter ) pasti butuh email jadi fungsinya banyak sekali :
1. Kirim apapun lewat internet sarananya adalah email; surat, foto, gambar, ebook, video, dll
2. Aplikasi apapun menggunakan email untuk daftar; fb, buat blot/ site, jadi anggota milis, dll
3. Kebutuhan- kebutuhan lainnya; kontak person, periklanan, klik bank, dll
Adab ber-email
Bagi pemula perlu sekali mengindahkan tata cara yang baik untuk bisa saling beremail di antaranya:
1. Gunakan tulisan yang jelas dan sopan, hindari salah paham, sebab bahsa tulisan terkadang ditafsirkan berbeda dengan bahasa lisan
2. Gunakan tanda baca secukupnya, jangan terlalu disingkat yang mengakibatkan kesulitan dalam membaca dan mengartikan bahasa tulisan
3. Gunakan tulisan dengan huruf kecil. Huruf besar/ kapital bisa diartikan berteriak/ membentak
4. Pikirkan kegunaan dan kiriman anda. Tulisan yang tidak membawa guna bagi penerima bisa menjengkelkan apalagi bila kiriman tersebut terus- menerus bisa dianggap spam ( sampah )
Tugas minggu pertama
sumber:
http://zainulblog.wordpress.com/2011/04/03/email-pengertian-dan-fungsinya/ (zainulblog )
http://faculty.petra.ac.id/dwikris/docs/desgrafisweb/www/3-fasilitas_internet.html
http://calltech.wordpress.com/2008/07/12/apa-internet-itu-pengertian-internet/
http://bungurnews.blogspot.com/2011/01/jenis-layanan-internet.html ( Amarul books )
http://blogbintang.com/pengertian-email ( Blog Bintang )
http://id.wikipedia.org/wiki/Surat_elektronik
http://putroweb.blogspot.com/2009/04/apa-itu-email-dan-fungsinya.html
http://nurasiah-88.blogspot.com/2009/06/jenis-jenis-layanan-yang-diberikan-oleh.html
http://e-ducation-center.blogspot.com/2009/06/fungsi-dan-layanan-informasi-di.html
http://id.shvoong.com/how-to/computers-and-internet/2175124-layanan-internet/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar