Jumat, 05 Oktober 2012

Pendekatan psikologis: Mengapa manusia membutuhkan / tidak membutuhkan internet

Internet merupakan sumber ilmu yang sangat besar dan telah diyakini manfaatnya. Internet sangat membantu kita dalam berbagai hal, misalnya proses kerja dapat dilakukan dengan internet dan menghemat biaya juga karena tidak perlu menyewa tempat dan pegawai, dapat di lakukan sendiri.
Melalui internet seseorang bisa mengetahui berbagai hal dalam waktu yang singkat. melalui jejaring sosial seperti facebook dan twetter, seseorang dapat menemukan teman- teman yang jauh atau sudah lama tidak bertemu. Manfaat yang besar ini membuat pengguna internet semakin meningkat. Berbagai lapisan masyarakat dari berbagai usia menjadi masyarakat dunia maya yang semakin membesar tersebut. Namun dibalik manfaat yang besar tersebut, juga tersimpan potensi bahaya yang cukup besar.
Selain membantu menyelesaikan dan memudahkan pekerjaan, internetpun dapat menjadi solusi hiburan untuk anak- anak dan remaja saat ini. Brbagai konten tersebar luas di website. Seperti foto, video games, dan lain- lain. Banyak pro dan kontra terhadap adanya internet. Tetapi semuanya harus kembali ke diri masing- masing. bagaimana cara menyikapinya dengan bijak. Hal ini berdampak terhadap psikis pengguna internet tersebut.

Sebelum mengetahui hubungan psikologi dan internet inilah pengertian dari Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu, maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari. Sedangkan internet adalah sebuah perkembangan yang dilahirkan oleh kemajuan tekhnologi. Keduanya seakan berjalan beriringan dan menjadikannya suatu hal yang saat ini sulit dipisahkan.

Jika dilihat dari sisi psikologis disinilah muncul hubungan yang cukup signifikan.
Pengaruh internet dapat mengubah gaya hidup dan profil sang pengguna menjadi konsumtif dan cenderung menganggap mudah persoalan karena mereka terbiasa dimanjakan oleh kemudahan dan berjuta fasilitas.
Pengaruh internet dapat mengubah cara pandang manusia kedepan karena mereka yang tidak lagi mengalami ketinggalan jaman akan memiliki semangat yang besar untuk terus maju dan mampu mengikuti perubahan jaman dan rasa ingin bersaing.
Pengaruh internet yang memiliki berjuta aplikasi membuat pelajar menjadikan internet sebagai teman pendamping mereka untuk mengisi waktu luang. Game onlie yang sering dijadikan teman pendamping membuat mereka melek tekhnologi namun juga akan buta akhlak karena mungkin saja mereka mengunjungi situs yang tidak layak mereka lihat.


Tugas minggu kedua



sumber:
http://faniyuliska.blogspot.com/2012/10/mengapa-manusia-membutuhkantidak.html
http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2313363-internet-sama-dengan-pisau-dapur/
http://sisykurniaasih.blogspot.com/2011/09/manfaat-internet-dalam-kehidupan-sehari.html
http://iklandofollow.blogdetik.com/kekuatan-internet-telah-mengubah-gaya-hidup-manusia/
http://www.gramedia.com/index.php/book/detail/9789792781908/Parenting-untuk-Pornografi-di-Internet
http://elisaputri19.blogspot.com/2012/10/dibahas-tentang-pendekatan-psikologi.html
http://pelitha.blogspot.com/2012/10/pendekatan-psikologis.html
http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi/
http://duniabaca.com/pengaruh-internet-manfaat-internet-serta-dampak-positif-dan-negatif-internet-bagi-penggunanya.html
http://damaisubimawanto.wordpress.com/2011/09/30/dampak-positif-dan-negatif-internet-bagi-remaja/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar