Jumat, 02 November 2012

Computer Supported Cooperative Work ( CSCW )

 
Istilah CSCW pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang di hadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka.
CSCW mengangkat isu seputar bagaimana aktivitas- akitivitas kolaboratif dan koordinasi di dalamnya dapat didukung teknologi komputer.
CSCW adalah sesuatu cara untuk merancang suatu sistem yang digunakan untuk membantu pekerjaan sebagai suatu group dan bagaimana memahami dampak suatu teknologi pada pola pekerjaan mereka, CSCW juga merupakan suatu sistem yang mendukung pekerjaan groupware.
CSCW dan teknologi groupware mengizinkan individu- individu untuk berinteraksi satu sama lain yang terletak pada tempat yang sama maupun berbeda dengan menggunakan komputer ( jarringan ) melalui media suara, data dan gambar ( video ) yang di lakukan secara sinkron maupun asinkron. CSCW merupakan sebuah bentuk yang menggabungkan pemahaman bagaimana orang bekerjasama dalam group menggunakan teknologi computer networking dalam kesatuan hardware, software, service, dan teknik.

CSCW memiliki tujuan yaitu:
- Mempelajari bagaimana orang bekerja sama sebagai kelompok dan apa uang mempengaruhi teknologi.
- Mendukung proses pelaksanaan pekerjaan walaupun secara geografis dipisahkan.

Contoh yang digunakan pada CSCW adalah:
- Kaloborasi para ilmuwan yang bekerja sama pada suatu proyek.
- Pengarang mengedit suatu dokumen bersama- sama.
- Programmer suatu sistem secara bersamaan.
- Bekerja sama sebagai sharing atas suatu video bersama yang conferencing aplikasi.
- Para pembeli dan para penjual melakukan transaksi secara eBay.

CSCW lebih berorientasi kepada evaluasi terhadap hal- hal yang terjadi dalam proses interaksi antar manusia dalam sekelompok pengguna. Interaksi tersebut antara lain komunikasi yang normal antar manusia.
1. Komunikasi face to face
    - Personal Space
    - Kontak dan tatapan mata
    - Gerak isyarat dan bahasa tubuh
    - Back Channel
    - Turn taking

2. Percakapan
    Terdapat dua prinsip ucapan antara lain:
    - Relevan artinya bahwa suatu ucapan harus sesuai dengan topik tertentu
    - Helpful artinya suatu ucapan harus dapat dimengerti oleh pendengar dan tidak ada ambigu dari 
      pemahaman pendengar

3. Komunikasi berbasis teks
    Ada 4 tipe komunikasi tekstual dalam groupware
    - Discrate: pesan lansung seperti email
    - Linear: pesan partisipan ditambahkan pada akhir dari catatan tunggal
    - Non linear: saat pesan di hubungkan ke yang lainnya dalam model hypertext
    - Spatial: dimana pesan di atur dalam permukaan dua dimensi

4. Kerja kelompok
    Perilaku kelompok lebih kompleks terutama apabila kita memperhatikan hubungan sosial yang d
    dinamis selama bekerja dalam kelompok.
    - Dinamika kelompok
    - Layout fisik
    - Kognisi terdistribusi



Tugas minggu kedua

Sumber:
http://2easy4share.blogspot.com/2010/10/cscw.html
http://cobaaja-tigan.blogspot.com/2010/04/pengertian-cscw.html
http://bloganakfilkom.blogspot.com/2010/04/pengertian-computer-supported.html
http://mangantar.wordpress.com/2010/05/12/cscw-computer-supported-cooperative-work/
http://www.jualbeliforum.com/komputer/45756-pengertian-cscw-secara-garis-besar.html
http://deckhandi.tripod.com/link/Pengertian_CSCW.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Computer_supported_cooperative_work
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/02/computer-supported-cooperative-work-cscw-2/
http://blog-indonesia.com/blog-archive-10533-84.html
http://wingofeon.blogspot.com/2011/05/cscw-computer-supported-cooperative.html#!/2011/05/cscw-computer-supported-cooperative.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar